Kegiatan Ronda Malam

Pos kamling sepertinya sudah sangat jarang terdengar dan terlihat bangunan serta fungsinya sebagai pos para penjaga ronda malam. Di saat jejaring sosial internet semakin merasuk ke dalam kehidupan masyarakat indonesia khususnya  maka kontak antar tetangga bisa jadi cuma via jejaring sosial belaka.

Pos kamling pun semakin tidak banyak difungsikan termasuk juga permainan permainan tradisional yang biasanya menghiasi jalan setiap sore dan malam hari.

Tidak hanya karena sudah ada jejaring sosial internet saja akan tetapi masyarakat sekarang lebih suka membayar jasa keamanan lingkungan untuk jaga malam ketimbang kumpul – kumpul ronda malam bareng, pun demikian sejak 1 dasawarsa kemarin handphone telah menghiasi kehidupan rakyat indonesia.

Pos kamling menurut saya sangat banyak sekali manfaatnya. Bisa dikatakan jaman dulu pos kamling adalah jejaring sosial yang sanggup mempererat warga lingkungan. Sehingga pos kamling tidak hanya berfungsi sebagai Pos Kampleng (Pos Keamanan) saja tutur Salah satu tokoh masyarakat Kampung Tri Mulya Jaya Bpk Purwadi saat di temui di pos ronda RW 01 RT 03.

Keamanan dan kenyamanan lingkungan merupakan tanggung jawab sosial seluruh warga dan masyarakat. Dalam beberapa aspek hal tersebut dapat tercermin melalui keberadaan Pos Kamling. Sebuah bangunan sederhana yang umumnya dilengkapi kentongan gantung dan tempelan jadwal ronda warga kampung, ataupun beberapa perlengkapan keamanan lainnya lanjutnya.

Namun, dinamika jaman agaknya berdampak pula terhadap perubahan pandangan dan orientasi masyarakat terhadap poskamling. Meskipun bangunan-bangunan hasil swadaya warga maupun bersumber dana hibah itu disebut Poskamling, namun dalam perkembangannya ia tak lagi berfungsi sebagai pos ronda atau pos keamanan semata.

Dari sejumlah bangunan Poskamling yang ada Kampung Tri Mulya Jaya , hanya ada beberapa saja yang masih nyata berfungsi sebagai pos keamanan.