PENTINGNYA CUCI TANGAN

Salah satu bentuk kegiatan cuci tangan di SDN 01Trimulyajaya.

trimulyajaya.desa.id Kebersihan pangkal kesehatan, kita sering mendengar slogan itu. Slogan yang banyak didapat di dinding – dinding sekolah serta tempat – tempat umum. Menjaga kebersihan tubuh memang sebuah keharusan, karena kitalah si pemilik dari tubuh yang kita miliki sehingga tugas kita memegang keharusan dan kewajiban untuk menjaga kebersihan dari tubuh itu sendiri, terutama kebersihan tangan. Mencuci tangan merupakan salah satu tindakan sanitasi  dengan membersihkan tangan dan jari jemari dengan menggunakan air ataupun cairan lainnya.

Jangan abaikan betapa pentingnya mencuci tangan. Hanya dengan kebiasaan sederhana ini kita bisa melindungi diri dan terhindar dari berbagai penularan penyakit akibat kuman, bakteri dan virus. Tangan merupakan media penghantar utama penularan penyakit, karena tangan sering melakukan kontak langsung dengan berbagai benda atau area yang mengandung banyak kuman penyebab penyakit. Mencuci tangan adalah benteng utama mencegah berbagai jenis penyakit.

Salah satu kegiatan cuci tangan yang sudah diterapkan di SDN 01 TRI MULYA JAYA. (Dok.desa/fhoto : Erwin)

Kebiasaan ini penting diajarkan kepada anak-anak, mengingat daya tahan tubuh mereka yang baru berkembang membuat mereka lebih mudah untuk terserang penyakit. Selain pentingnya kebiasaan mencuci tangan, jangan lupa untuk memastikan mereka mencuci tangan dengan benar.

12 langkah cuci tangan sesuai standar yang telah ditetapkan WHO.

  1. Basahi kedua tangan dengan air mengalir.
  2. Beri sabun secukupnya.
  3. Gosok kedua telapak tangan dan punggung tangan.
  4. Gosok sela- sela jari kedua tangan.
  5. Gosok kedua telapak dengan jari-jari rapat.
  6. Jari-jari tangan dirapatkan sambil digosok ketelapak tangan, tangan kiri kekanan dan sebaliknya.
  7. Gosok ibu jari secara berputar dalam genggaman tangan kanan, dan sebaliknya.
  8. Gosok kuku jari kanan memutar ketelapak tangan, dan sebaliknya.
  9. Basuh dengan air.
  10. keringkan tangan dengan tisu.
  11. matikan kran air dengan tisu.
  12. tangan sudah bersih.

Lalu kapankah, kita harus cuci tangan? Pada dasar ini tergantung akitivitas kita. Namun untuk kita kurang lebih saat : sebelum menyiapkan makan, sebelum makan, setalah dari kamar kecil, setelah batuk/bersin, setelah memakai sarung tangan, setelah bermain/mengurus hewan, setelah buang sampah.

Gambar 5 waktu cuci tangan dengan sabun. ( Dok.desa/fhoto:Erwin)

jika tidak, maka kesehatan beresiko : infeksi bakteri, diare, tertular flu, cacingan, dan beresiko radang pernapasan. Marilah kita membisakan mencuci tangan saat beraktivitas. Menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan. Mendisplikan diri mengatur pola hidup sehat yang baik. Karena kebersihan adalah perbuatan yang baik untuk selalu diperhatikan. Jika kita menyepelekan, maka tentu dampaknya akan buruk. Oleh sebab itu, mari tingkatkan kesehatan dengan kebersihan tubuh, lingkungan terutama hal kecil mencuci tangan.