Penyaluran Bansos Rastra Tahun 2018

Kepala Kampung Trimulyajaya, Ketua TKSK dan Ketua IPSM beserta perwakilan KPM.( dok.kampung/foto:Erwin)

Trimulyajaya.desa.id Bantuan Sosial Beras Sejahtera ( Bansos Rastra ) tahun 2018 merupakan upaya pemerintah untuk mengentaskan kemiskinan. Mulai januari 2018 program subsidi beras ( Raskin ) telah berubah menjadi program yang lebih baik yakni Bansos Rastra dan bantuan pangan non tunai ( BPNT ). Dengan diubahnya raskin menjadi Bansos Rastra maka masyarakat tidak perluh lagi membayar alias gratis untuk memperoleh beras sejahtera.

Penyaluran Bansos Rastra di tahun 2018 berbeda dengan tahun sebelumnya. ditahun sebelumnya,penyaluran beras rastra mendapatkan 15 kg setiap bulan dengan menebus RP 1.600,- perkilogram untuk setiap keluarga penerima manfaat ( KPM ). Sesuai dengan dikeluarkannya Pedoman Umum Bantuan Sosial Sejahtera Tahun 2018 melalui Kementrian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Kepala Kampung Trimulyajaya dan Ketua TKSK memberikan Rastra secara simbolis kepada perwakilan KPM. ( dok.desa/foto:Erwin )

Bansos Rastra ini bertujuan untuk mengurangi beban pengeluaran rumah tangga penerima manfaat dalam memenuhi kebutuhan pangan, agar masyarakat yang dalam kondisi prasejahtera mendapatkan akses kebutuhan dasarnya. Melalui bantuan sosial berupa beras berkualitas medium kepada setiap keluarga penerima manfaat ( KPM ) dengan jumlah/ kuantum 10 kg setiap bulannya tanpa punggutan biaya/ biaya tebus. Manfaat dari Bansos Rastra adalah untuk meningkatkan ketahanan pangan di tingkat KPM, sekaligus sebagai mekanisme pelindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan.

Kepala Kampung sedang memberikan sambutan. ( dok.desa/foto;Erwin)

Ibu Rismayanti sedang memyampaikan informasi mengenai Bansos Rastra. ( dok.desa/foto;Erwin)

Pembagian Bansos Rastra di kampung Trimulyajaya dilaksanakan pada Kamis, ( 25/01/2018) dibalai Kampung Trimulyajaya. Pembagian beras Rastra dipandu oleh Ibu Rismayanti Ketua TKSK Kecamatan Banjaragung dan Ketua IPSM kampung Trimulyajaya. Sebelum dilaksanakan pembagian Rastra, KPM diberikan informasi mengenai perubahan cara atau sistem pembagian Bansos Rastra di tahun 2018 ini. Dalam sambutan ketua TKSK Ibu Rismayanti menyampaikan beberapa informasi mengenai Bansos Rastra dan perubahan data yang akan di validasi oleh tim validasi. Setiap KPM yang akan menerima Bansos Rastra harus memeuhi syarat yaitu membawa potocopy KTP/ Kartu Keluarga. Setelah memberi sambutan ketua TKSK dan Kepala Kampung Trimulyajaya , pembagian Bansos Rastra  diawali dengan cara simbolis yang diserahkan secara bersama oleh Kepala Kampung dan Ketua TKSK serta Ketua IPSM kepada tiga orang perwakilan Keluarga Penerima Manfaat ( KPM ). dilanjutkan dengan pembagian Bansos Rastra oleh setiap Kepala Dusun masing-masing dengan memanggil satu per satu yang berhak mendapatka Bansos Rastra. Jumlah penerima Bansos Rastra tahun 2018 untuk kampung Trimulyajaya berjumlah 95 KMP, yang masing-masing KPM menerima 10 kg beras.

Warga yang menerima Bansos Rastra. ( dok.desa/foto:Erwin)

Dengan adanya program Bansos Rastra yang setiap KPM menerima 10 kg beras secara gratis. Diharapkan dapat membantu mengurangi beban pengeluaran kepada KPM untuk meamenuhi kebutuhan pangan. Terutama warga Trimulyajaya yang berhak menerima Bansos Rastra, agar lebih sejahtera sesuai dengan tujuan Bansos Rastra.