Posyandu Lansia

Petugas sedang melayani pengobatan.(dok.desa/fhoto:erwin).

trimulyajaya.desa.id  Senin, 26/02/ 2018.  Kader Posyandu di dampingi oleh petugas dari puskesmas tulang bawang 1 (satu). Posyandu lansia / kelompok usia lanjut adalah merupakan suatu bentuk pelayanan kesehatan bersumber daya masyarakat atau /UKBM yang dibentuk oleh masyarakat berdasarkan inisiatif dan kebutuhan itu sendiri khususnya pada penduduk usia lanjut. Pengertian usia lanjut adalah mereka yang telah berusia 60 tahun keatas.

Petugas dari puskes sedang memeriksa tensi darah.(dok.desa/fhoto:erwin).

Posyandu lansia merupakan suatu fasilitas pelayanan kesehatan yang berada di desa-desa yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat khususnya bagi warga yang sudah berusia lanjut. Posyandu lansia adalah wahana pelayanan bagi kaum usia lanjut yang dilakukan dari, oleh, dan untuk kaum usia yg menitikberatkan pada pelayanan promotif dan preventif tanpa mengabaikan upaya kuratif dan rehabilitative. Posyandu lansia merupakan upaya kesehatan lansia yang mencakup kegiatan pelayanan kesehatan yang bertujuan untuk mewujudkan masa tua yang bahagia dan berdayaguna.

Petugas sedang megambil sample darah untuk dicek kadar gula,asam urat.(dok.desa/fhoto:erwin).

Pelayanan Kesehatan di Posyandu lanjut usia meliputi pemeriksaan Kesehatan fisik dan mental emosional yang dicatat dan dipantau dengan Kartu Menuju Sehat (KMS) untuk mengetahui lebih awal penyakit yang diderita (deteksi dini) atau ancaman masalah kesehatan yang dihadapi. Kegiatan lain yang dapat dilakukan sesuai kebutuhan dan kondisi setempat seperti Pemberian Makanan Tambahan (PMT) dengan memperhatikan aspek kesehatan dan gizi lanjut usia dan kegiatan olah raga seperti senam lanjut usia, gerak jalan santai untuk meningkatkan kebugaran tubuh. Masyarakat sangat berantusias datang berobat, bahkan penyakit atau keluhan meraka beraneka ragam pegal linu, masuk angin, asam urat, pusing, alergi gatal dsb.

Petugas sedang memberikan obat.(dok.desa/fhoto:erwin).

Masyarakat yang hadir yang kebanyakan kaum manula dan ibu – ibu dengan senang hati mengantri untuk mendapatkan pengobatan,semoga dengan acara ini menumbuhkan kepedulian kita pada kesehatan dan untuk menjaga diri atau mencegah sebelum sakit.