Pembagian hadiah dalam memperingati hari kartini

Piala untuk pemenang lomba juara 1.

trimulyajaya.desa.id    Hari kartini adalah hari yang diperingati dan bertepatan dengan hari kelahiran pahlawan kemerdekaan nasional Raden Ayu Kartini ( RA Kartini). Pada tanggal 21 april setiap tahun, sejak tahun 1964 oleh seluruh bangsa Indonesia. Pada tanggal 21 april, seluruh masyarakat Indonesia memperingati hari kartini dengan beragam cara.

Dalam memperingati hari kartini di kampung trimulya jaya diadakan lomba senam BMW, lomba menghiasi nasi tumpeng, lomba volly, dan lomba sepakbola antar rk. Kegiatan ini dikhususkan untuk para perempuan. Untuk lomba volly antar rk, setiap tim bola volly memakai sarung dan untuk sepakbola antar rk, memakai daster berikut wasit. Setelah beberapa hari diperoleh pemenang bola volly dan sepakbola yaitu juara 1 bola volly antar rk dimenangkan oleh rk 03, untuk juara 2 bola volly antarrk dimenangkan oleh rk 02 dan juara 3 bola volly antar rk dimenangkan oleh rk 04. Sedangkan untuk lomba sepakbola antar rk juara 1 sepakbola antar rk dimenangkan olehrk 03, untuk juara 2 sepakbola antar rk dimenangkan olehrk 04 dan juara 3 sepakbola antar rk dimenangkan oleh rk 01.

Foto hadiah untuk pemenang lomba di hari kartini. (dok.desa/fhoto: erwin).

Pembagian hadiah dibagikan pada hari sabtu 21 april 2018, berikut lomba senam BMW dan lomba menghiasi nasi tumpeng. Pada hari sabtu, setiap perempuan dikampung trimulya jaya memakai baju kebaya, ini merupakan salah satu bentuk partisipasi dalam memperingati hari kartini. Untuk pemenang lomba senam BMW juara 1 dimenangkan oleh rk 03, juara 2 dimenangkan oleh rk 02 dan juara 3 dimenangkan oleh rk 04. Dan pemenang lomba menghiasi nasi tumpeng juara 1 dimenangkan oleh rk 04, juara 2 dimenangkan rk 02 dan juara 3 dimenangkan oleh rk 03. Untuk juara 1 selain mendapatkan hadiah juga memperoleh piala.

Tujuan peringatan hari kartini adalah untuk memperingarti dan menghormati perjuangan RA Kartini untuk mewujudkan kesetaraan antara laki-laki dan perempuan. Di era modern yang secara khusus terutama dalam bidang pendidikan dan secara umum kesetaraan gender di semua bidang. Perayaan ini selayaknya mengandung makna mendalam mengenai emansipasi perempuan dan mengigatkan seluruh lapisan masyarakat Indonesia untuk terus konsisten memperjuangkan keadilan gender.

 

Penyerahan hadiah oleh kepala kampung trimulya jaya. (dok.desa/fhoto:erwin).

 

Foto bersama kepala kampung dan peserta lomba BMW. (dok.desa/fhoto:erwin).

Harapannya dengan diadakan lomba di hari kartini semoga hubungan talisilahturahmi antar masyarakat khususnya di trimulya jaya menjadi lebih erat dan semakin bersatu untuk mewujudkan kampung yang lebih maju.