Peringatan hari kartini di taman baca masyarakat (TBM) tri mulya jaya

Foto bersama anak-anak taman bacaan masyarakat (TBM).

trimulyajaya.desa.id     Hari kartini diperingati 21 april dan hari tersebut merupakan hari dimana kita mengenang seorang wanita agung bernama Raden Ajeng Kartini atau R.A. Kartini. Beliau dikenang hingga sekarang karena telah menjadi inspirasi bagi seluruh wanita di indonesia. Kartini adalah wanita yang menyerukan kepada seluruh kaum wanita agar terus bersinar,seperti harapannya yang ada di dalam buku “Habis gelap terbitlah terang”.

Kartini merasa peran wanita di indonesia sangat lemah karena harus dipaksa menikah dengan lelaki yang tidak dikenal, tidak bisa mendapatkan pendidikan dan jauh dari peradaban yang maju. Kartini sangat mengerti nasip para wanita yang direndahkan dan kartini pun melakukan perjuangan untuk menjadikan kaum wanita menjadi ikut terdidik, salah satu usahanya yaitu dengan mendirikan sebuah sekolah wanita semarang, jawa tengah.

Semangatnya anak-anak Taman baca masyarakat (TBM) dalam mengikuti lomba menyusun gambar wajah RA Kartini.(Dok.desa/fhoto:monok).

Acara peringatan hari kartini di ikuti oleh anak-anak yang dilaksanakan di tanam baca masyarakat trimulya jaya. Di samping mengenalkan sosok raden ajeng Kartini kepada anak-anak dalam emansipasi wanita dan disampaikan pula bahwa beliau adalah sosok seorang wanita yang selalu sabar, gigih, dan tangguh. Oleh karena itu semangat Kartini tidak hanya berhenti pada diri kita, Harus kita tularkan kepada anak cucu kita sebagai generasi muda indonesia.

Taman baca masyarakat (TBM) tri mulya jaya menjadi salah satu wadah untuk menambah wawasan anak-anak di kampung tri mulya jaya. Hadir dalam acara tersebut ketua BPK, Supiandi, Ustad Irfani, dan kepala kampung tri mulya jaya, Ujang Wahyu Utomo,SE. Yang sekaligus membuka acara. Dalam sambutannya beliau menyampaikan terima kasih kepada pengurus taman baca masyarakat, pada guru dan yang telah mendukung kegiatan hari kartini. Apresiasi yang setingi-tingginya kepada TBM dalam ikut serta mencerdaskan anak-anak kampung tri mulya jaya. Dalam peringatan hari Kartini taman TBM mengadakan perlombaan-perlombaan yang terdiri dalam beberapa perlombaan yaitu yang pertama menyanyikan lagu Ibu Kita Kartini, lagu wajib nasional, lomba mewarnai, lomba menyusun gambar wajah kartini, dan lomba cerdas cermat.

Anak-anak TBM Rumah kita tuba sedang mengikuti lomba mewarnai. (dok.desa.id / fhoto:monok).

Dengan peringatan ini diharapkan anak-anak kita, generasi muda kita, lebih mengenal para pejuang nasional kususnya raden ajeng kartini. Diharapkan agar anak-anak semakin menghargai orang tua, kususnya sosok seorang ibu dalam sebuah keluarga. mudah-mudahan dengan acara ini anak-anak kita menjadi anak-anak yang berguna bagi nuasa dan bangsa dikemudian hari.