Pertemuan forum musyawarah tingkat desa kampung KB tri mulya jaya

Logo pertemuan forum musyawarah tingkat desa kampung kb.

trimulyajaya.desa.id (24/04/2018).   Pada hari selasa dikampung tri mulya jaya diadakan pertemuan forum musyawarah tingkat desa kampung KB. Pada tahun 2016 bulan januari diadakan louncing kampung KB oleh bapak Presiden. Sehingga kampung KB ini diharapkan akan dapat menjadi miniatur program tingkat rendah yaitu tingkat kampung. Kemudian yang sampai hari ini menset atau pemikiran kita bahwa masalah KB itu adalah masalah tentang kontrasepsi dengan ibu-ibu, itu yang ada dalam benak kita.

Padahal KB ini urusannya bukan hanya sekedar itu, kalau masalah kontrasepsi mengatur jarak kelahiran itu hanya sebagian kecil saja, oleh karena itu kita satukan persepsi kita. Yang dimaksud kampung KB itu adalah suatu wilayah baik itu tingkat kampung yang memiliki kriteria tertentu dimana terdapat keterpaduan program. Ketahanan keluarga berencana KKBPK dan pembagunan sektor terkait yang dilaksanakan dalam secara sistemati dan sistematis.

Drs. Hadinuddin menerangkan tentang pentingnya KB kepada kader PKK dan masyarakat. (Dok.desa/fhoto:monok).

Tujuan kampung KB adalah meningnkatkan kualitas hidup masyarakat. Kemudian melaluai progran kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga secara terkait untuk meningkatkan atau untuk mewujudkan keluarga kecil yang berkualitas. Keluarga kecil dilogokan dengan dua anak cukup laki-laki perempuan sama saja bahagia sejahtera. Ini membutuhkan pemikiran dari semua unsur semua elemen bagaimana meningkatkan bahagia dan sejahtera.

Sasaran yang menjadi kampung KB adalah keluarga yang mempunyai balita, mempunyai remaja, mempunyai lansia, kemudian wanita usia subur, pasangan usia subur. Remaja kader intitusi masyarakat kelompok-kelompok kegiatan BKB,BKR,BKL,BKS. Posyandu dan kegiatan sektor-sektor yang lain, kemudian tokoh agama tokoh masyarakat organisasi sosial kemasyarakatan. Pembangunan keluarga dengan keluarga berencana ini bukan hanya sekedar urusan alat kontrasepsi saja. Keluarga berencana ternyata merencanakan dari awal hingga akhir.

Kader PKK dan masyarakat. (Dok.desa/fhoto:monok)

Dengan adanya kampung KB di tri mulya jaya mudah-mudahan warga menjadi sejahtera. Dengan adanya program KB dua anak cukup sesuai dengan program pemeritah.