Dinas pengendalian penduduk dan keluarga berencana pemeritah kabupaten tulang bawang kecamatan banjar agung.

Pembinaan program terpadu optimalisasi fungsi dan peran balai-balai penyuluhan keluarga berencana kabupaten tulang bawang 2018.

trimulyajaya.desa.id.      Rabu 09/05/2018  penyelengaraan pengendalian kualitas penduduk dilakukan untuk melembagakan dan membudayakan NKKBS dilakukan melalui penyelenggarakan dan membudayakan NKKBS, memberdayakan fungsi keluarga, memandirikan keluarga, memberdayakan kearifan lokal, meningkatkan kualitas seluruh siklus hidup dan memenuhi kebutuhan dasar masyarakat. Kebijakan nasional pembangunan keluarga dimaksudkan untuk memberdayakan keluarga agar dapat melaksanakan fungsi keluarga secara optimal.

Sejumlah perangkat tata laksana sebagai pedoman penyelenggaraan program di kabupaten dan kota. Pelaksanaan pembinaan, pembimbingan, supervisi dan fasilitasi tetap menjadi kewajiban dan tanggung jawab pemerintah, pemerintah daerah provinsi dan pemerintah daerah kabupaten. Keluarga berencana yang merupakan saluran upaya untuk mengatur kelahiran anak, jarak dan usia ideal melahirkan dan mengatur kehamilan.

Semua ketua pokja dan kepala kampung sekecamatan banjar agung yang telah menghadiri acara pengendalian penduduk dan keluarga berencana. (Dok desa / fhoto:monok).

Dalam acara tersebut dihadiri sebelas kampung yang berada di kecamatan banjar agung, yang terdiri dari sebelas kepala kampung dan seluruh ketua pokja sekecamatan banjar agung. Keterpaduan dan peran serta masyarakat tetap menjadi prioritas dalam rangka pelaksanaan kebijakan Keluarga Berencana (KB), di selenggarakan secara menyeluruh dan terpadu. Dalam rangka mendukung pengembangan kualitas, fungsi keluarga dan masyarakat menyelenggarakan pembinaan pelayanan keluarga. Di lakukan melalui (Komunikasi informasi dan edukasi) KIE, KIE termasuk penyediaan sarana dan prasarana dalam rangka pembinaan dan kesejahteraan keluarga berencana.

Pengembangan program peroduksi keluara berencana. Para wanita baik sebagai calon ibu atau ibu, merupakan anggota keluarga yang paling rentan mempunyai potensi yang besar untuk mendapatkan KIE dan pelayanan KB yang tepat dan benar. Reproduksi sehat sejahtera adalah suatu keadaan sehat baik fisik, mental dan kesejahteraan sosial secara utuh pada semua hal yang berhubungan dengan sistem dan fungsi serta peroses produksi. Bukan hanya kondisi yang baik penyakit dan kecacatan serta di bentuk berdasarkan perkawinan yang salah, maupun memenuhi kebutuhan hidup sepiritual dan mental. Pengembangan gerakan KB yang makin mandiri, gerakan keluarga sehat sejahtera dan gerakan keluarga sadar HIV/AIDS. Pengayoman, melalui keluarga ASKABI (Asuransi Keluarag Berencana indonesia), Tujuan agar merasa aman dan terlindungi apabila terjadi komplikasi kegagalan.

Bpkk-bpk dan ibu-ibu yang telah menghadiri acara pengendalian penduduk dan keluarga berencana. (Dok desa / fhoto:monok).

Dengan adanya pengendalian penduduk dan keluarga berencana (KB), mudah-mudahan dapat menurunkan resiko terjangkitnya kanker rahim dan kanker servik, menurunkan angka kematian, meningkatkan kesehatan ibu dan anak, mencegah penularan penyakit berbahaya. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, dapat menjadikan warga masyarakat sejahtera. Dengan adanya program keluarga Berencana dua anak cukup sesuai dengan program pemerintah.