Gotong royong bersih jalan kampung Tri Mulya jaya 2018.

semangat gotong royong warga masyarakat tri mulya jaya 2018.

Tri Mulya jaya.desa.id.       Minggu 13/05/2018  Gotong royong adalah istilah Indonesia untuk bekerja bersama-sama untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Gotong royong berasal dari istilah gotong yang berarti “bekerja” dan royong berarti “bersama” gotong royong berarti mengangkat  bersama-sama atau mengerjakan sesuatu bersama-sama. Gotong royong juga dapat diartikan sebagai bentuk kerjasama antara sejumlah orang atau warga masyarakat dalam kehidupan sosial, dalam menyelesaikan sesuatu atau pekerjaan tertentu yang dianggap berguna untuk kepentingan bersama. Dalam ilmu sosial, gotong royong diartikan sebagai salah satu bentuk prinsip kerja sama, saling membantu tanpa imbalan namun yang dihasilkan untuk kepentingan bersama atau kepentingan umum.

Gotong royong di Indonesia telah berlangsung sejak kepemimpinan Ir.Soekarno, beliau menyampaikan dalam sidang BPUPKI pada tahun 1945 bahwa gotong royong adalah jiwa masyarakat Indonesia. Gotong royong ialah budaya bangsa Indonesia yang dilaksanakan oleh seluruh warga masyarakat sesuai dengan kegiatan masing-masing. Gotong royong yang dikenal masyarakat Indonesia dikategorikan dalam dua jenis yaitu gotong royong tolong menolong dan gotong royong kerja bakti. Gotong royong tidak sepenuhnya tentang kerja bakti, tapi dalam bentuk saling tolong menolong juga adalah salah satu contoh dari budaya gotong royong. Budaya gotong royong tolong menolong terjadi pada aktivitas pertanian, kegiatan sekitar rumah tangga, kegiatan perayaan dan pada peristiwa bencana atau kematian. Sedangkan budaya gotong royong kerja bakti biasanya dilakukan untuk mengerjakan sesuatu hal yang bersifat untuk kepentingan umum, baik itu terjadi atas inisiatif warga atau gotong royong atas perintah aparat kampung.

Masyarakat sedang membersihkan selokan jalan poros tri mulya jaya. (Dok desa.id / fhoto:monok).

 

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan sikap gotong royong di lingkungan masyarakat, meningkatkan rasa kepedulian antar sesama akan kebersihan lingkungan, sehingga semuanya akan memiliki rasa tanggung jawab untuk menjaga kebersihan lingkungan. Kegiatan  ini adalah untuk meningkatkan sikap gotong royong dimasyarakat, meningkatkan rasa kepedulian akan kebersihan dan membiasakan hidup sehat, sehingga semuanya memiliki tanggung jawab untuk menjaga kebersihan dan keindahan. Gotong royong ini mempunyai nilai positif yang bisa kita terapkan dalam kehidup bermasyarakat.

Demi terwujudnya kampung yang bersih dan sehat, maka kampung tri mukya jaya kecamatan banjar agung mengadakan gotong royong. Gotong royong ini di laksanakan di rw 02 rt 02, yang berlokasi dijalan poros dan jalan yang menuju kearah  peladangan . Semangat yang luar biasa yang ditunjukan masyarakat tri mulya jaya, dalam keadaan gerimis sekalipun ngk mengurangi semangat mereka dalam menjaga kebersihan lingkungan tempat mereka tinggal.  Gotong royong yang dilaksanakan oleh masyarakat dan aparatur kampung tri mulya jaya.

Hasil gotong royong masyarakat tri mulya. (Dok desa.id / fhoto:monok).

Dengan adanya gotong royong mudah-mudahan dapat menumbuhkan sikap saling tolong menolong, saling membantu. Membina hubungan sosial yang baik dengan masyarakat sekitar, menciptakan rasa kebersamaan, mempererat tali persaudaraan, menciptakan rasa persatuan dan  kesatuan dalam lingkungan masyarakat. Menjadikan lingkungan yang bersih dan sehat.