Paud wijaya kusuma mengadakan gernas baku

Gerakan nasional orang tua membacakan buku. TK wijaya kusuma kampung tri mulya jaya

trimulyajaya.desa.id      Sabtu 05/05/2018 seminar literasi himpunan pendidikan anak usia dini indonesia (HIMPAUDI). Bertema gerakan orang tua membacakan buku di PAUD (pendidikan anak usia dini), diadakan di PAUD wijaya kusuma. Seminar ini merupakan rangkaian dari gerakan nasional orang tua membacakan buku (GERNAS BAKU) yaitu, gerakan nasional kolaborasi antara pemerintah. peringatan peduli anak usia dini, perguruan tinggi dan dunia usaha dalam rangka partisipasi keluarga dan lembaga PAUD untuk menumbuhkan budaya membaca.

Hadir dalam sosialisasi semua wali murid dan bunda PAUD. Gernas baku dengan tema menumbuhkan minat baca pada anak , gernas baku ini bertujuan membiasakan orang tua membacakan buku bersama anak-anak mereka. Kepala sekolah PAUD wijaya kusuma, Nunung afriyani widia.A.md dalam penyampaiannya. Gerakan nasional orang tua membacakan buku (GERNAS BAKU). Gerakan untuk mendukung peran keluarga indonesia dalam meningkatkan minat baca anak melaluai pembiasaan dirumah, lembaga PAUD dan masyarakat.

Orang tua sedang membacakan buku kepada anak-anak di PAUD wijaya kusuma. (Dok desa.id / fhoto:monok)

Dalam gernas baku ini orang tua duduk mendampingi anaknya, ada juga yang memangku anaknya. Orang tua membacakan buku dan anak-anaknya mendengarkan. Selain kegiatan gernas baku ,diadakan pula gerakan serentak oleh anak-anak yang diikuti oleh oleh orang tuanya untuk menampilkan gerakan-gerakan gernas baku yang diiringi dengan lagu gernas baku.

Dengan adanya gernas baku ini ada kedekatan antara anak dan ibu, yang dapat melatih anak-anak untuk suka membaca. Menjauhkan anak-anak dari bermain gedjed dan ketekunan orang tua membacakan buku, anak-anak pandai membaca. Gernas baku sangat baik ditengah kondisi kekinian di masyarakat dimana kegiatan baca buku anak oleh orang tua jarang dilakukan.

Kepala kampung bersama anak-anak dan wali murid PAUD wijaya kusuma. (Dok desa.id / fhoto:monok)

Dengan adanya gernas baku, diharapkan orang tua akan lebih rajin membacakan buku kepada anak-anak generasi muda kita. Agar menjadi anak-anak yang rajin membaca, Kelak akan menjadi anak-anak yang pandai dan akan berguna nantinya dimasa depan bagi nusa dan bangsa.