Pelepasan siswa/siswi TK wijaya kusuma kampung tri mulya jaya

Anak-anak fhoto bersama dengan dewan guru. TK wijaya kusuma kampung tri mulya jaya.

trimilya jaya.desa.id        Senin 07/05/2018 pendidikan taman kanak-kanak yang sering disebut TK merupakan salah satu PAUD pendidikan anak usia dini (baca tentang PAUD disini) yang memiliki peran penting untuk mengembangkan kepribadian selanjutnya. Pendidikan TK merupakan jembatan antar lingkungan keluarga dengan masyarakat yang lebih luas yaitu sekolah dasar dan lingkungan lainnya. Sebagai salah satu bentuk pendidikan anak usia dini, lembaga ini menyediakan program pendidikan dini, sekurang-kurangnya anak usia empat tahun sampai memasuki jenjang pendidikan dasar. Istilah usia dini di Indonesia di tunjukkan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun.

“Pendidikan anak usia dini adalah salah satu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membentuk pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani, agar memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut”. TK merupakan bentuk pendidikan anak usia dini yang berada pada jalur pendidikan formal, sebagai mana dinyatakan dalam undang-undang sistem pendidikan nasional nomor 20 tahun 2003 pasal 28. Pendidikan anak usia dini pada jalur pendidikan formal bentuk taman kanak-kanak (TK) atau bentuk lain yang sederajat.

Kesenian kuda lumping yang dilakukan anak-anak TK wijaya kusuma tri mulya jaya. (Dok desa / fhoto:monok).

Pendidikan taman kanak-kanak (TK) wijaya kusuma memberikan kesempatan untuk mengembangkan kepribadian anak. Oleh karena itu, pendidikan anak usia dini PAUD khususnya TK perlu menyediakan berbagai kegiatan yang dapat mengembangkan sebagai aspek perkembangan yang meliputi aspek kognitif, sosial, emosi, fisik, dan motorik. Dalam kegiatan belajar berhitung misalnya dapat dilakukan dengan permainan-permainan berhitung, ini tidak hanya berkaitan dengan kemampuan kognitif saja. Tetapi juga kesiapan mental sosial dan emosional serta untuk menumbuhkan kecerdasan anak.

Dalam kelulusan taman kanak-kanak (TK) wijaya Kusuma telah dihadiri semua wali murid dan kepala kampung Tri Mulya jaya. Dalam acara tersebut telah diadakan kesenian tari tradisional seperti kuda lumping, tari hulahub dll yang di lakukan oleh anak-anak TK Wijaya Kusuma. Dalam acara kelulusan TK Wijaya Kusuma telah dilakukan pula pemberian piala kepada anak-anak yang berprestasi, yang dilakukan oleh kepala sekolah TK Wijaya Kusuma Nunung Afriani Widia.A.MD ditemani dewan guru TK wijaya kusuma.

Penyerahan piala kepada anak-anak TK wijaya kusuma kampung tri mulya jaya. (Dok desa / fhoto:monok).

Mudah-mudahan dengan diadakannya acara pelepasan siswa/siswi ini dapat menambah motifasi anak-anak, dalam melanjutkan sekolah kejenjang yang lebih tinggi. Diharapkan pula Mempererat kebersamaan antar anak-anak  yang satu dengan yang lainnya dikemudian hari.