POSYANDU IBU HAMIL KAMPUNG TRI MULYA JAYA.

Bidan puskesmas sedang memberikan penjelasan kepada ibu hamil pentingnya melakukan posyandu. (Dok desa.id / fhoto : rumi).

trimulyajaya.desa.id.      Selasa 24/05/2018) Posyandu merupakan sebuah program pemerintah yang berkenaan dengan masalah kesehatan masyarakat terutama kesehatan ibu dan balita. Program ini bersifat dari masyatakat, oleh masyarakat dan untuk masyarakat sehingga posyandu umumnya dilakukan di setiap desa oleh kader-kader kesehatan desa dengan bimbingan tenaga ahli dari dinas kesehatan. Pemeriksaan kehamilan dengan rutin merupakan suatu hal yang penting dilakukan oleh ibu yang sedang hamil agar mereka dapat mejalankan kehamilannya dengan normal dan janin yang di kandungnya dalam keadaan baik. Maka perluhnya pengawasan dan pendidikan agar ibu hamil mendapatkan informasi tentang hal-hal yang harus dilakukan seorang ibu hamil agar janinnya tetap sehat dan terjadi kelahiran normal bagi bayi.

Pentingnya posyandu bagi ibu hamil agar dapat memberi pengetahuan terkait kehamilan, persalinan  dan masalah yang dialami saat masa kehamilan apa lagi untuk ibu yang baru pertama hamil atau kehamilan pertama. Bagi ibu hamil pada masa trimester pertama ini pun akan mengalami perubahan fisik dan hormonal sehingga sering merasa pusing dan mual. Tak hanya itu saja, ibu yang sedang hamil pun bisa jadi secara emosional pun akan merasa tidak nyaman. Bahkan kehamilan itu sendiri pun masih sangat sensitif sehingga rawan keguguran. Maka pentingnya memeriksakan kehamilan secara teratur agar dapat memantau perkembangan janin, untuk menekan angka risiko lahirnya bayi cacat ataupun bayi yang kurang gizi dan kematiaan. Oleh karena itu ibu hamil harus benar -benar menjaga kesehatan ibu dan calon bayinya, supaya melahirkan normal, lengkap dan sehat.

Bidan desa sedang melakukan pemeriksaan kesehatan ibu dan bayi yang masih dalam kandungan. (Dok desa.id / fhoto:rumi).

 

Dalam posyandu ibu hamil kali ini dihadiri dua bidan dari puskesmas tulang bawang dan bidan kampung tri mulya jaya. Bidan puskesmas telah menyarankan kepada ibu hamil bahwa pentingnya asupan makanan bagi ibu hamil juga berpengaruh pada tumbuh kembangnya janin maka dari itu ibu hamil harus tahu dan paham makanan apa saja yang baik dikomsumsi agar kebutuhan asupan nutrisi lengkap dapat diperoleh setiap hari oleh janin dan juga untuk mempersiapkan prosuksi Asi. Mengkomsumsi asupan sehat seperti buah- buahan, sayuran, ikan, kacang-kacangan, air dan vitamin serta susu ibu hamil, itu penting.

Tujuan posyandu yang diberikan kepada ibu hamil secara berkala untuk menjaga kesehatan ibu dan janinya, agar dapat mencegah dan mengatasi masalah kehamilan, untuk membantu masalah gizi, masalah sosial dan untuk memberikan pendidikan penyuluhan dalam masalah persalinan dan nifas, cara menjaga diri agar tetap sehat dalam masa hamil, membantu wanita hamil dan keluarganya untuk mempersiapkan kelahiran bayi dan juga penyuluhan tentang KB beserta meningkatkan kesadaran mereka tentang kemungkinan adanya komplikasi dalam kehamilan dan persalinan.

Ibu hamil sedang menunggu giliran pemeriksaan kesehatan ibu dan bayi yang masih dikandung. (Dok desa.id / fhoto:rumi).

Pemeriksaan kehamilan yang dilakukan secara teratur dapat menurunkan angka kecacatan dan kematian baik ibu maupun janin. Sebagian dari ibu hamil tidak pernah memeriksakan kehamilannya karena berbagai alasan. Maka dari itu penyuluhan bagi ibu hamil sangat diperluhkan untuk memberikan pengetahuan mengenai kehamilan. Dengan pengetahuan tersebut diharapkan ibu akan termotivasi kuat untuk menjaga diri dan kehamilanya dengan menaati nasehat yang diberikan tenaga kesehatan, sehingga ibu dapat melewati masa kehamilannya dengan baik dan menghasilkan bayi yang sehat.