Latihan bersedekah sejak dini tri mulya jaya 2018

Anak-anak foto bersama dengan para guru taman baca masyarakat tri mulya jaya. (Dok desa.id / fhoto:monok).

trimulyajaya.desa.id      Selasa 26/06/2018 sedekah adalah pemberian sesuatu dari seorang muslim, kepada yang berhak menerimanya secara ikhlas dan sukarela tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu dengan mengharap ridho Allah SWT. Menurut Al-Jurjani, seorang pakar bahasa Arab mengartikan sedekah sebagai pemberian seseorang secara ikhlas kepada yang berhak menerimanya. “Waktu pagi jangan menunggu datangnya petang. Gunakan waktu sehatmu sebelum datang sakitmu. Gunakan kesempatan hidupmu sebelum datang kematianmu”. Sedekah merupakan salah satu perbuatan yang disariatkan dan hukumnya adalah sunah.

“Dan jika ( orang beruntung itu ) dalam kesukaran, berilah tangguh sampai ia berkelapangan. Dan menyedekahkan ( sebagian atau semua utang ) itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui’. Bersedekahlah walau dengan sebutir kurma, karena itu dapat menutup diri kelaparan dan dapat memadamkan kesalahan sebagaimana air memadamkan api. Dalam konsep Islam sedekah mempunyai arti yang luas, tidak hanya terbatas pada pemberian sesuatu yang sifatnya materil kepada orang-orang miskin. Tapi lebih dari itu sedekah mencangkup semua perbuatan kebaikan, baik bersifat fisik maupun nonfisik.

 

Anak-anak dan guru foto bersama dengan Ibu idar selaku penerima sembako yang pertama. (Dok desa.id / fhoto:monok).

 

Disini taman baca masyarakat melatih anak-anak generasi muda, generasi penerus kita di masa yang akan datang. Untuk melakukan kegiatan sosial, yaitu mengajak anak-anak taman baca masyarakat melakukan kegiatan bersedekah. Janji allah akan melipatgandakan pahala bagi mereka yang bersedekah sesuai ayat Qur’an Surah al-Hadid ayat 18 yang memiliki arti, “Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.”

Atas bimbingan pengurus dan guru taman baca masyarakat dan atas kesadaran anak-anak. Dalam hal ini taman baca masyarakat mengajak anak-anak taman baca melakukan himpunan dana, yang kemudian setelah dana terkumpul pengurus taman baca masyarakat bersama anak-anak telah membelanjakan dana tersebut untuk membeli sembako. Yang kemudian sembako tersebut diserahkan kepada dua orang kaum duafa yang beralamat RW 02 RT 02 kampung trimulya jaya.

 

Anak-anak dan guru foto bersama dengan Ibu juinta selaku penerima sembako yang kedua. (Dok desa.id / fhoto:monok).

 

Kegiatan ini bertujuan memberikan nilai-nilai kepada anak-anak, untuk melatih anak-anak supaya memiliki rasa berbagi dan tanggung jawab yang tinggi terhadap sesama, terutama terhadap orang-orang yang kurang mampu yang berada di sekeliling kita.