Pembangunan drainase dan orderlah di kampung tri mulya jaya tahun anggaran 2018.

Pelaksanaan pembangunan drainase yang bertempat di RK 02 RT 03 tahun anggaran 2018 kampung tri mulya jaya. (Dok desa.id / fhoto:monok).

trimulyajaya.desa.id      jum’at 27/07/2018  Drainase mempunyai arti mengalirkan, membuang, atau mengalihkan air. Secara umum, drainase didefinisikan sebagai serangkaian bangunan air yang berfungsi untuk mengurangi dan membuang kelebihan air dari suatu kawasan sehingga lahan dapat difungsikan secara optimal. Drainase juga diartikan sebagai suatu cara pembuangan kelebihan air yang tidak diinginkan pada suatu daerah, serta cara-cara penangggulangan akibat yang ditimbulkan oleh kelebihan air tersebut.

Dengan diterimanya dana desa untuk tahap kedua, kampung tri mulya jaya akan melaksanakan ketentuan tersebut. Tahun anggaran 2018 kampung tri mulya jaya melaksanakan beberapa pos pembangunan salah satunya adalah pembangunan drainase. Pembangunan drainase yang dilaksanakan di dua ( 2 ) titik yaitu di ( RK 02 RT 02 ), ( RK 02 RT 03 ) sepanjang 245 meter dan onderlah sepanjang 360 meter yang di laksanakan di ( RK 01 RT 04 ). Pengerjaan pembangunan drainase dan onderlah tersebut tidak menggunakan tenaga pekerja dari luar desa. Semua pekerja merupakan warga kampung tri mulya jaya yang sudah pengalaman dalam bidang pembangunan.

Pelaksanaan pembangunan drainase yang bertempat di RK 02 RT 02 tahun anggaran 2018 kampung tri mulya jaya. (Dok desa.id / fhoto:monok).

Menurut paparan kepala kampung tri mulya jaya Ujang Wahyu Utomo,S.E yang ditemui di balai kampung mengatakan tri mulya jaya akan melaksanakan bidang pembangunan fisik sebanyak dua ( 2 ) pos. Pos tersebut yaitu pembangunan drainase dan onderlah yang akan dilaksanakan di RK 02 dan 01. Setelah dana desa diterima, kami langsung melaksanakan kegiatan pembangunan yang sudah dianggarkan. Untuk bulan juli ini, melalui kaur perencanaan akan dibangun drainase dan onderlah di kampung tri mulya jaya.

Hal senada juga dikatakan oleh tim pelaksana kegiatan, setelah dana diterima kami langsung membeli batu belah, pasir dan semen untuk pembagunan drainase dan onderlah. Setelah bahan material sudah siap kami mengerjakan pembangunan drainase dan onderlah tersebut. Kami fokuskan pembangunan untuk awal ini pada pembangunan drainase dan onderlah. Keputusan ini kami ambil setelah melakukan musyawarah dengan pihak pemerintah kampung. Alasan yang mendasar adalah pembangunan drainase dan onderlah membutuhkan waktu pelaksanaan yang lama.

Pelaksanaan pembangunan drainase yang bertempat di RK 02 RT 02 tahun anggaran 2018 kampung tri mulya jaya. (Dok desa.id /fhoto:monok).

Dengan di adakannya pembangunan drainase, diharapkan dapat mengurangi penyumbatan air khususnya untuk kawasan RK 02 diwaktu musim penghujan. Dan untuk pembangunan onderlah ini, di harapkan jalan-jalan kampung menjadi lebih mudah dilalui oleh masyarakat dan ngk ada jalan becek lagi di kampung tri mulya jaya. Salah satu unsur dari prasarana umum yang dibutuhkan masyarakat kampung dalam rangka menuju kehidupan kampung yang aman, nyaman, bersih, dan sehat.