Perayaan hari kemerdekaan yang ke-73 kampung tri mulya jaya 2018.

Anak-anak sedang melakukan seni tari kuda lumping. (Dok desa.id / fhoto : monok ).

trimulyajaya.desa.id    (17/08/2018)  17 Agustus merupakan hari yang sangat penting bagi bangsa indonesia. Karena pada hari itu indonesia menyatakan kemerdekaannya dan bebas dari para penjajah serta awal mula berdirinya negara kesatuan republik indonesia. Oleh karena itu setiap tanggal 17 Agustus bangsa kita memperingati sebagai hari proklamasi republik indonesia. Sebagai tanda rasa syukur kita atas nikmat kemerdekaan ini, rakyat Indonesia setiap tahun merayakan hari proklamasi ini dengan acara-acara yang meriah. Hal ini memang sangat perlu dilakukan demi menanamkan jiwa-jiwa nasionalisme didalam diri warga Indonesia.

Dalam menyemarakan peringatan hari kemerdekaan republik indonesia sering kali kota-kota mengadakan pawai atau karnaval yang diikuti oleh masyarakat sekitar. Biasanya karnaval diikuti oleh perwakilan dari sekolah, kelurahan, kecamatan, atraksi seperti drum band dan masih banyak lagi. semuanya berbaur tertata rapi untuk mengikuti pawai dengan tertip dan menjadi hiburan rakyat yang sangat ditunggu-tunggu. Kegiatan seni budaya mungkin memang sudah sedikit berkurang tetapi kegiatan ini masih menjadi bagian dari kegiatan peringatan hari kemerdekaan republik indonesia.

Semangat dhani dalam mengikuti perlombaan makan kerupuk. ( Dok desa.id / fhoto : monok ).

Semangat anak-anak dalam mengikuti perlombaan ngumpulin koin di hari kemerdekaan republik indinesia. ( Dok desa.id / fhoto : monok ).

Dalam perayaan hari kemerdekaan republik indonesia yang ke -73 kampung tri mulya jaya, mengadakan hiburan kesenian tradisional. Yaitu kuda lumping krido budoyo dari kampung pagar buana yang berasal dari kabupaten tulang bawang barat. Hiburan kuda lumping tersebut diselenggarakan di bale kampung tri mulya jaya, hiburan ini disambut antusias oleh warga masyarakat tri mulya jaya dan kampung sekitar tri mulya jaya. Kesenian budaya ini alhamdulilah berjalan dengan lancar, sesuai dengan harapan panitia hari kemerdekaan republik indonesia.

Untuk menambah meramaikan perayaan hari kemerdekaan republik indonesia, kampung tri mulya jaya mengadakan pula berbagai macam kegiatan positif. Dalam rangka memperingati hari kemerdekaan republik indonesia kampung tri mulya jaya mengadakan berbagai lomba yang sangat meriah. Banyak perlombaan yang digelar baik itu diikuti oleh anak-anak hingga  dewasa dan orang tua semua berbaur mengikuti lomba dengan suka cita. Lomba-lomba tersebut seperti panjat pinang, makan krupuk, membawa kelereng dalam sendok, tarik tambang, balap karung, dan masih banyak lagi.

Anak-anak sedang berjibaku melakukan panjat pinang. (Dok desa.id / fhoto : monok ).

Hari kemerdekaan tentu saja bukanlah hanya sekedar upacara pengibaran bendera sang saka merah putih di tanah lapang yang dihadiri oleh beragam lapisan masyarakat yang banyak dengan diiringi berbagai perayaan yang hanya bersifat seremonial. Namun, sebagai bangsa yang telah besar tentu saja bangsa indonesia harus mampu memaknai perayaan hari kemerdekaan sebagai bentuk perenungan diri terhadap segala apa yang terjadi pada bangsa kita. Untuk mendoakan para pahlawan kita, untuk mengenang pengorbanan mereka, untuk menimba teladan hidup dari mereka, untuk tetap menjaga semangat memperjuangkan martabat dan kedaulatan republik indonesia.