Pertemuan lokakarya mini tingkat kecamatan di kampung KB tri mulya jaya.

Bapak Andriansyah Azhari,S.H. selaku nara sumber dalam pertemuan lokakarya mini di kampung KB tri mulya jaya. ( Dok desa.id /fhoto : monok ).

trimulyajaya.desa.id      Bertempat di balai pertemuan kampung KB, di lingkungan kampung tri mulya jaya kecamatan banjar agung. Rabu 14/11/2018 telah diselenggarakan pertemuan lokakarya mini, dalam memfasilitasi pembinaan operasional petugas lapangan dan institusi masyarakat. Dalam acara tersebut diikuti oleh petugas keluarga berencana tingkat kecamatan Bapak Heriyanto.S.Kom, dan Bapak Sunardi. Dalam pertemuan lokakarya mini telah hadir Sekcam banjar agung Ibu Jumilah beserta kader PKK  kecamatan banjar agung dari pokja 1 sampai pokja 4, kepala puskesmas kecamatan banjar agung Bapak Arnan Jaya, kepala KUA kecamatan banjar agung Bapak Abu Khuroiroh, kepala kampung tri mulya jaya Bapak Ujang Wahyu Utomo,S.E. Dalam pertemuan lokakarya mini telah hadir narasumber Bapak Andriansyah Azhari,S.H. kepala bidang pengendalian penduduk dan Ibu Yenny Puspitasari,SKM.M.KM, kasi advokasi dan kie dinas pengendalian penduduk dan keluarga berencana kabupaten tulang bawang.

Selaku narasumber Bapak Andriansyah Azhari menyampaikan persyaratan wajib pembentukan kampung KB, tersedianya data penduduk yang akurat, dukungan komitmen pemerintah daerah dan partisipasi aktif masyarakat. Tujuan dibentuknya  kampung KB adalah meningkatkan kualitas hidup masyarakat ditingkat kampung atau yang setara  melalui program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga serta pembangunan sektor terkait dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berlualitas. Kriteria pempentukan kampung KB kriteria utama, persentase keluarga  pra sejahtera (KPS) dan keluarga sejahtera 1 (KS I) diatas rata-rata tingkat kecamatan atau desa / kelurahan dimana kampung / desa tersebut berada. Persentase peserta KB lebih rendah dari rata-rata tingkat kecamatan atau desa / kelurahan dimana kampung / desa tersebut berada.

Kepala kampung tri mulya jaya Ujang Wahyu Utomo,S.E. sedang memberikan sambutan. ( Dok desa.id / fhoto : monok ).

Indikator keberhasilan program kependudukan kampung KB dan pembangunan keluarga, tercapai program kependudukan KB dan pembangunan keluarga di kampung KB sesuai sasaran yang ditetapkan. Meningkatnya kesejahteraan keluarga yang ditandai dengan menurunnya jumlah keluarga pra sejahtera di kampung KB. Kesehatan, menurunnya jumlah kematian ibu, menurunnya jumlah kematian bayi, menurunnya jumlah kasus gizi buruk, meningkatnya jumlah persalinan difasilitas kesehatan, meningkatnya jumlah bayi yang mendapatkan imunisasi lengkap, menigkatnya jumlah rumah tangga yang mengunakan air bersih sendiri, meningkatnya jumlah rumah tangga yang mengunakan jamban, menurunnya jumlah penderita TBC.

Monitoring dilakukan untuk memastikan dan mengetahui pelaksanaan, identifikasi masalah dan kegiatan operasional kampung KB berjalan sesuai dengan rencana yang disepakati bersama. Evaluasi dilakukan untuk mendapatkan gambar tentang hasil dan manfaat serta perkembangan kegiatan integrasi pembangunan lintas sektor pokja kampung KB, Hasil evaluasi diperlukan untuk mencanangkan pembangunan kegiatan-kegiatan lintas sektor. Evaluasi dilakukan secara berjenjang dari pusat ke kampung KB, secara terpadu oleh kementrian / lembaga terkait. Hasil evaluasi dilakukan secara berkala oleh pokja masing-masing tingkatan dan melaporkan secara berjenjangketingkat yang lebih tinggi. Evaluasi dilakukan setiap 3 bulan sejak dicanangkan, evaluasi akan dilakukan pada akhir tahundan akan diberikan reward terhadap setiap keberhasilan perkembangan kampung KB.

Suasana ruangan pertemuan lokakarya mini di bale kampung tri mulya jaya. ( Dok desa.id / fhoto : monok ).

Ruang lingkup keberhasilan pembangunan kesehatan keterpaduan baik lintas program maupun lintas sektor. Penyelenggaraan program kesehatan memerlukan dukungan lintas sektor terkait. Oleh karenanya, puskesmas harus melakukan kerjasama dengan lintas sektor agar diperoleh dukungan dalam pelaksanaan berbagai kegiatannya. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat menunjang program kampung KB agar lebih bermanfaat dan terencana dalam pembangunan di kmpung tri mulya jaya.