Gotong royong menyambut kegiatan lomba kesra kampung tri mulya jaya 2019

Masyarakat bersama aparatur kampung tri mulya jaya bersama-sama membersihkan jalan yang rimbun ( Dok desa.id / fhoto : monok )

trimulyajaya.desa.id.        Jum’at 28/06/2019 Gotong royong dapat diartikan sebagai sebuah kerja sama atau bekerja secara berkelompok antara sejumlah warga masyarakat, untuk menyelesaikan sesuatu atau pekerjaan tertentu yang dianggap berguna untuk kepentingan dan kesejahteraan bersama. Dalam arti lain gotong royong dapat juga diartikan sebuah prinsip kerja sama, dimana sekelompok orang didalamnya dapat saling membantu tanpa imbalan langsung yang diterimanya yang hasilnya untuk kepentingan bersama / kepentingan umum. Gotong royong ini juga termasuk dalam budaya bangsa indonesia, yang dilakukan oleh seluruh warga masyarakat sesuai dengan kegiatan masing-masing dalam setiap kampung.

Semangat dalam bergotong royong juga dilakukan dan diterapkan dalam kegiatan bermasyarakat, karena manusia termasuk dalam mahluk sosial dimana manusia tidak dapat hidup sendiri tanpa adanya bantuan dari orang lain. Sebagai manusia juga perlu menyesuaikan dirinya dengan masyarakat lingkungannya guna menjaga hubungan baik dengan sesama, untuk meningkatkan persaudaraan antar tetangga didalam suatu lingkungan bermasyarakat. Gotong royong dalam lingkungan bermasyarakat, salah satunya membersihkan lingkungan tempat kita tinggal atau jalanan yang dipenuhi sampah dan rumput .

Foto masyarakat dan aparatur kampung tri mulya jaya yang sedang istirahat. ( Dok desa.id / fhoto:monok ).

Demi terwujudnya kampung yang bersih, sehat dan meraih juara di lomba kesra nanti, kepala kampung tri mulya jaya Ujang Wahyu Utomo, S.E mengingatkan aparat kampung dan masyarakat untuk melaksanakan kegiatan gotong royong, bersih jalan dan lingkungan rumah masing-masing untuk menyambut lomba kesra tahun ini. Gotong royong yang berlokasi di jalan kampung yang beralamat di rt 03 rw 01 kampung tri mulya jaya. Di pagi yang cerah ini dengan udara yang sejuk yang semakin menambah semangat mereka dalam bergotong royong.  Bersih-bersih jalan yang dilaksanakan oleh masyarakat dan aparatur kampung tri mulya jaya yang berada di rw 01.

Tujuan dari kegiatan gotong royong kali ini adalah untuk meningkatkan sikap saling peduli antar sesama di lingkungan masyarakat, meningkatkan rasa kepedulian antar sesama akan kebersihan lingkungan dan membiasakan hidup sehat. Sehingga semuanya akan memiliki rasa tanggung jawab untuk menjaga kebersihan lingkungan. Kegiatan gotong royong ini adalah untuk meningkatkan sikap kebersamaan di masyarakat, meningkatkan rasa kepedulian akan kebersihan lingkungan dan membiasakan hidup sehat, sehingga semuanya memiliki tanggung jawab untuk menjaga kebersihan, keamanan dan keindahan lingkungan. Gotong royong ini mempunyai nilai positif dalam kehidupan kita sehari-hari yang bisa kita terapkan dalam hidup bermasyarakat.

Semangat gotong royong masyarakat dan aparatur kampung tri mulya jaya. ( Dok desa.id / fhoto:monok ).

Banyak sekali manfaat dari kegiatan bergotong royong dalam bermasyarakat, yaitu terciptanya lingkungan yang bersih, menumbuhkan rasa saling peduli antar sesama dalam hal kebersihan dan menjalin tali silahturahni antar masyarakat dan aparatur kampung yang dapat menumbuhkan keakrapan antara sesama warga.

Facebook Comments