Louncing Program Bantuan Pangan Non Tunai tahun 2019 Kabupaten Tulang Bawang.

Louncing penyaluran bantuan pangan non tunai di laksanakan di tandai dengan Pemukulan gong oleh bupati tulang bawang HJ. Winarti, S.E, M.H.

trimulyajaya.desa.id    30/07/2019  Louncing Program Bantuan Pangan Non Tunai tahun 2019 di buka oleh Bupati Tulang Bawang yang dilaksanakan di Kampung Dwi Warga Tunggal Jaya Kecamatan Banjar Agung. Tujuan dari Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) adalah untuk meringankan beban masyarakat kurang mampu. Acara louncing Bantuan Pangan Non Tunai tersebut dihadiri oleh Bupati Tulang Bawang Hj.Winarti,S.E, M.H, Kepala dinas Sosial (Ahmad Syukur) Anggota KODIM 0642, kapolsek Banjar Agung, kepala Bulog lampung seluruh (Paisol), kepala kantor lasilog Bulog (Ir, Narwani), kepala cabang bank mandiri kabupaten Tulang Bawang, kepalaANS, Camat sekabupaten Tulang Bawang, Kepala Kampung sekecamatan Banjar Agung, dan PSKM sekabupaten Tulang Bawang. Acara louncing dibuka secara resmi oleh Bupati Tulang Bawang dengan ditandai pemukulan gong.

Dalam Sambutanya Bupati Tulang Bawang Hj.Winarti,S.E, M.H, mengatakan bahwa di Kabupaten Tulang Bawang yang dapat menerima Bantuan Pangan Non Tunai sejumlah 22.626 orang. Dimana Keluarga Penerima Manfaat Bantuan Pangan Non Tunai mendapatkan beras 1 kuantum seberat 10 kilogram dan telor ayam 0,5 kg. Jika di uangkan barang tersebut nominalnya sebesar Rp. 110.000 setiap 1 bulan nya dan Bantuan Pangan Non Tunai dapat mereka ambil dengan menggunakan kartu ATM. Kartu ATM yang digunakan merupakan Elektronik Warung khusus yang bekerjasama dengan Bank Mandiri cabang Tulang Bawang.

Bupati Tulang Bawang Hj.Winarti,S.E, M.H sedang memberikan sambutan. ( Dok desa.id / fhoto : monok )

Dalam acara louncing Bantuan Pangan Non Tunai tersebut para penerima bantuan datang langsung dan mengambil beras dan telor kepada petugas yang dibantu oleh Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM). Penyaluran bantuan sosial secara non tunai kepada masyarakat dinilai lebih efisien, tepat sasaran, tepat jumlah, tepat waktu, tepat kualitas, serta tepat administrasi. Sistem baru penyaluran bantuan pangan ini diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 63 Tahun 2017 tentang Penyaluran Bantuan Sosial Secara Non Tunai. Bantuan sosial non tunai diberikan dalam rangka program penanggulangan kemiskinan yang meliputi perlindungan sosial, jaminan sosial, pemberdayaan sosial, rehabilitasi sosial, dan pelayanan dasar. Penyaluran Raskin diganti dengan menggunakan kartu elektronik yang akan diberikan langsung kepada rumah tangga sasaran.

Program ini diharapkan dapat mempermudah masyarakat dan menjangkau keuangan formal diperbankan. Keluarga penerima manfaat Bantuan Pangan Non Tunai diharapkan dapat menggunakan kartu keluarga sejahtera dengan benar sesuai dengan fungsinya. Bantuan Pangan Non Tunai merupakan bantuan yang diberikan kepada masyarakat tidak mampu yang bekerjasama dengan Bank penyalur Bantuan Pangan Non Tunai. Selain itu Bupati Tulang Bawang Hj.Winarti,S.E, M.H yang sering di sapa Bunda Win ini mengajak masyarakat untuk mengelola ekonomi kreatif yang ada di Kabupaten Tulang Bawang dengan baik.

Kedatangan Bupati Tulang Bawang Hj.Winarti,S.E, M.H Kampung Dwi Warga Tunggal Jaya. ( Dok desa.id / fhoto : monok )

Diharapkan dengan adanya program Bantuan Pangan Non Tunai ini,  keluarga penerima manfaat mendapatkan nutrisi yang seimbang dari beras dan telor tersebut. Semoga Bantuan Pangan Non Tunai tersebut dapat bermanfaat bagi keluarga penerima manfaat yang ada di Kabupaten Tulang Bawang kususnya Kecamatan Banjar Agung. Mekanisme perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan dapat ditingkatkan di Kabupaten Tulang Bawang.